UPAYA MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BIBLIOTERAPI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KALASAN

Arini Mar’atul Muawanah Ulfa Anas, Arini (2019) UPAYA MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BIBLIOTERAPI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_ARINI MARATUL MUAWANAH ULFA ANAS_14104241053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik biblioterpai sebagai upaya meningkatkan efikasi diri akademik siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Kalasan. Penelitian ini berbasis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu delapan siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Kalasan dengan efikasi diri akademik kategori sedang berdasarkan hasil pre-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala efikasi diri akademik, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen skala efikasi diri akademik menggunakan validitas isi dan konstruk. Uji reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien 0,963. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik biblioterapi dapat meningkatkan efikasi diri akademik siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Kalasan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata pre-test 87, post-test siklus I 103 dan post-test siklus II 117. Efikasi diri akademik merupakan keyakinan siswa terhadap potensi diri yang membentuk sikap terampil dalam menyusun strategi belajar yang efektif dan mempertahankan motivasi dalam menghadapi kegagalan untuk mencapai keberhasilan belajar. Gambaran proses penggunaan teknik biblioterapi yaitu siswa diajak untuk membaca bahan bacaan yang telah disediakan sesuai dengan topik bahasan tertentu. Langkah selanjutnya yaitu siswa diajak untuk mengungkapkan perasaan setelah membaca dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadi terkait proses belajar. Pada tahap tindak lanjut, siswa diajak untuk melakukan kegiatan pemecahan masalah belajar secara mandiri. Kata kunci: teknik biblioterapi, efikasi diri akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Apr 2019 02:18
Last Modified: 29 Apr 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63723

Actions (login required)

View Item View Item