PENGARUH KECANDUAN SMARTPHONE DAN KONTROL DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GOMBONG

Dian Dwi Artanti, Dian (2019) PENGARUH KECANDUAN SMARTPHONE DAN KONTROL DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GOMBONG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dian Dwi Artanti_14104241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kecanduan smartphone terhadap prokrastinasi akademik; (2) pengaruh kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik; dan (3) pengaruh kecanduan smartphone dan kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 1Gombong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gombong dengan jumlah 286 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 158 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa skala kecanduan smartphone, skala kontrol diri, dan skala prokrastinasi akademik. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas konstruksi. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas instrumen pada skala kecanduan smartphone memperoleh skor 0,863; pada skala kontrol diri memperoleh skor 0,879; dan pada skala prokrastinasi akademik memperoleh skor 0,886. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecanduan smartphone berpengaruh positif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,329 dan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05; (2) kontrol diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regesi sebesar -0,677 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; dan (3) kecanduan smartphone dan kontrol diri secara bersama-sama berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, yang dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,099X1, dan -0,659X2. Kata Kunci: Kecanduan Smartphone, Kontrol Diri, Prokrastinasi Akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:52
Last Modified: 29 Apr 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63722

Actions (login required)

View Item View Item