Sapta Purnawati, Sapta (2019) PENGARUH KECERDASAN ADVERSITY TERHADAP IRRATIONAL BELIEF KELAS VIII DI SMP N 2 GODEAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
SKRIPSI_SAPTA PURNAWATI_13104241059.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait kecerdasan adversity yang mempengaruhi tingkat irrational belief. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kecerdasan adversity terhadap irrational belief. Penelitian ini menggunakan pendekantan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Godean sebanyak 127 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan korelasi product moment. Uji reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dan diperoleh nilai koefisien α 0,901 pada skala kecerdasan adversity serta 0,860 pada skala irrational belief. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi liner sederhana dengan nilai signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan adversity mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap irrational belief. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan persamaan garis regresi Y= 141,671 + (-0,640) X yang berarti jika kecerdasan adversity dinaikkan 1% maka irrational belief dapat diprediksi akan turun sebesar 0,640. Terdapat sumbangan efektif variabel kecerdasan adversity terhadap irrational belief sebesar 62%. Kata Kunci: kecerdasan adversity, irrational belief
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 29 Apr 2019 01:30 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 01:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |