UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

Falsiapon, Albet Febri (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
B. Cover s.d daftar tabel.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
K. Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. Bab I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. Bab II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. Bab III.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. Bab IV.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. Bab V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata diklat penggunaan dan pemeliharaan alat ukur dalam mata pelajaran teknologi dasar otomotif (TDO) program keahlian teknik sepeda motor di SMK Muhammadiyah 1 Sleman melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus tersebut menggunakan tiga tahapan PTK yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan dan pengamatan, (3) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM SMK Muhammadiyah 1 Sleman tahun ajaran 2017/2018.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan tindakan dan tes hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif hasil belajar siswa.Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu minimal 75% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Hasil Penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat penggunaan dan pemeliharaan alat ukur dalam mata pelajaran teknologi dasar otomotif (TDO) kelas X TSM di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan siswa dari sebelum siklus sebesar 7% menjadi 43% setelah dilakukan siklus I, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 13 siswa dan nilai rata-rata kelas sebesar 64,5. Pada siklus II presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 80%, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 24 siswa dan nilai rata-rata kelas mencapai 89.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, STAD, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Apr 2019 01:54
Last Modified: 26 Apr 2019 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63709

Actions (login required)

View Item View Item