PENGARUH ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 2 KEMALANG

Didik Sudarsana, Didik (2019) PENGARUH ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 2 KEMALANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI DIDIK SUDARSANA 11104241056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara stress akademik dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kemalang . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 KEMALANG Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 88 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 1 bulan pada bulan Januari 2019. Hasil analisis data diperoleh dari observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) Tingkat stres akademik pada siswa kelas IX SMPN 2 Kemalang berada dalam kategori sedang. (2) Ada hubungan negatif dan signifikan antara stres akademik dengan prestasi belajar pada siswa kelas IX SMPN 2 Kemalang dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0,260; Hal ini berarti semakin tinggi stres akademik maka semakin rendah prestasi belajar, dan sebaliknya semakin rendah stres akademik maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. Berdasarkan data yang telah diperoleh terdapat temuan tambahan yaitu sumbangan efektif variabel stres akademik terhadap prestasi belajar sebesar 6,8%. Kata Kunci : Stres akademik, Siswa, Prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:23
Last Modified: 25 Apr 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63704

Actions (login required)

View Item View Item