PENINGKATAN KERJASAMA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV A SD N MARGOYASAN

Aldistya, Acan Bhintara (2019) PENINGKATAN KERJASAMA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV A SD N MARGOYASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Acan Bhintara A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan mengetahui peningkatan kerjasama siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV A SD Negeri Margoyasan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Margoyasan yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) refleksi. Model pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan sintaks : (1) siswa dibagi dalam kelompok heterogen dan setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor kepala, (2) guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakan, (3) kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dibimbing oleh guru, dan guru memotivasi siswa untuk saling membantu dan bekerjasama dalam mengerjakan agar semua anggota kelompok mengetahui jawabanya dengan baik, (4) guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil keluar dari kelompoknya melaporkan atau menjelaskan hasil kerja sama mereka, (5) tanggapan dengan teman lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, dan (6) kesimpulan dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal ini terlihat dari hasil observasi pra tindakan yang menunjukan kerjasama siswa sangat kurang, selanjutnya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada siklus I meningkat menjadi 70,00% (kategori baik). Setelah dilakukan perbaikan oleh guru berupa memberikan penguatan kepada siswa agar lebih saling dapat bekerjasama, mendorong siswa untuk lebih menghargai teman kelompoknya, memotivasi siswa untuk saling menerima diantara teman dan guru lebih intensif dalam membimbing siswa dapat meningkatkan kerjasama siswa menjadi 90,28% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kata kunci : kerjasama, pembelajaran IPA, kooperatif tipe number head together.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Apr 2019 06:17
Last Modified: 25 Apr 2019 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63690

Actions (login required)

View Item View Item