MAKNA HIDUP THALLER (PENYANDANG THALASSEMIA)

Laeli Nurrohmah, Laeli (2019) MAKNA HIDUP THALLER (PENYANDANG THALASSEMIA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Laeli Nurrohmah_14104241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah penyandang thalassemia di Indonesia. Penyandang thalassemia ini kebanyakan berada di usia yang produktif, dikarenakan mereka telah terdiagnosis thalassemia sejak kecil. Terdapat banyak masalah yang dihadapi thaller, di antaranya masalah pertumbuhan, pendidikan, dan juga psikologis. Oleh karena itu, peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui makna hidup penyandang thalassemia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Peneliti memilih subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposif yang berjumlah tiga orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data, yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek sudah menemukan makna hidup dengan versinya masing-masing, terlihat dari ke enam aspek makna hidup, masing-masing ada yang dimiliki subjek, meskipun ada beberapa yang belum. Ketiga subjek juga sudah menerima kondisi mereka saat ini, sehingga sudah tidak mempermasalahkan dan memikirkan penyakit mereka, namun lebih fokus kepada kegiatan mereka sehari-hari, terbukti dengan NAT yang menjalani hari-harinya sebagai pedagang pentol. Subjek EW yang saat ini menikmati perannya sebagai ibu rumah tangga dan juga calon ibu. Ada subjek MA juga yang saat ini mengajar sebagi guru Bahasa Inggris di sebuah SMK di daerahnya. Kata kunci: makna hidup, thaller, thalassemia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 24 Apr 2019 09:01
Last Modified: 24 Apr 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63684

Actions (login required)

View Item View Item