MENINGKATKAN EMPATI SISWA MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP IT AR RAIHAN

Aisyah Zakiyah Fadhilah, Aisyah (2019) MENINGKATKAN EMPATI SISWA MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP IT AR RAIHAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aisyah Zakiyah Fadhilah_12104241060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ada di SMPIT Ar Raihan Bantul yaitu siswa kelas VIII empatinya yang masih minim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode expressive writing dalam meningkatkan empati siswa SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian metode tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMPIT Ar-Raihan sebanyak 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui dua siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala empati, observasi dan wawancara. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi, melalui expert judgement. Uji reliabilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,914. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode expressive writing dapat meningkatkan empati siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil rata-rata skor skala empati pada saat pra tindakan sebesar 74,83, pada siklus I meningkat menjadi 110,90, dan pada siklus II meningkat menjadi 121,81 Hasil tersebut juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru, berdasarkan hasil observasi menunjukkan hasil yang positif, siswa terlihat lebih bisa menunjukkan rasa kepeduliannya salah satu contoh empati baik verbal ataupun non-verbal. Selain hasil observasi, berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, yang menyatakan bahwa siswa lebih bisa memahami perasaan dan kondisi orang lain. Kata kunci : empati, expressive writing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 24 Apr 2019 08:28
Last Modified: 24 Apr 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63683

Actions (login required)

View Item View Item