RESILIENSI PADA SISWA SMP YANG MEMILIKI ORANG TUA TUNGGAL

Panji Prasetya Budi, Panji (2019) RESILIENSI PADA SISWA SMP YANG MEMILIKI ORANG TUA TUNGGAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_PANJI PRASETYA BUDI_14104241047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berdasarkan pada adanya siswa SMP yang memiliki orangtua tunggal, keadaan ini akan berpengaruh pada resiliensi siswa. Oleh karena itu, peneliti memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang resiliensi yang dimiliki oleh siswa SMP yang memiliki orang tua tunggal. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, dan dipilih tiga subyek penelitian, yaitu siswa SMP dengan orang tua tunggal. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, lalu kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, yaitu triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa :1) HM dan RZL belum mampu meregulasi emosinya, sedangkan ADH sudah. 2) HM dan RZL belum memiliki pengendalian implus sedangkan ADH sudah mampu mengendalikan keinginannya. 3) HM dan ADH belum memiliki rasa optimis sedangkan RZL sudah memiliki rasa optimis. 4) HM sudah memiliki kemampuan menganalisis masalah sedangkan ADH dan RZL belum. 5) Dalam aspek empati HM, RZL, dan ADH sudah memiliki empati pada orang di sekitarnya. 6) HM dan ADH belum memiliki efikasi diri sedangkan subjek RZL memiliki keyakinan terhadap masa depanya namun masih sering melarikan diri dari permasalahan. 7) ADH dan RZL sudah memiliki pencapaian dalam hidupnya sedangkan HM belum Kata kunci: resiliensi, siswa SMP, orangtua tunggal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 24 Apr 2019 08:23
Last Modified: 24 Apr 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63681

Actions (login required)

View Item View Item