HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITY DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 KALASAN

Esti Harjani, Esti (2018) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITY DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Esti Harjani_14104241049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang dialami oleh siswa kelas XI di SMK N 1 Kalasan yang memiliki motivasi belajar rendah di sekolah. Hal ini disebabkan karena beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui adanya hubungan antara kecerdasan adversity dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMK N 1 Kalasan. 2) Mengetahui tingkat kecerdasan adversity siswa kelas XI di SMK N 1 Kalasan. 3) Mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas XI di SMK N 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian korelasi. Sampel penelitian berjumlah 190 siswa, menggunakan teknik sampling jenuh dan padat. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan adversity dan skala motivasi belajar. Uji validitas menggunakan validitas isi melalui expert judgment. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach’s dengan koefisien Alpha Cronbach pada skala kecerdasan adversity sebesar 0,882 dan pada skala motivasi belajar sebesar 0,841, sehingga kedua skala dapat dikatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan adversity dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMK N 1 Kalasan dengan koefisien korelasi sebesar 0,148. 2) Sebagian besar siswa kelas XI di SMK N 1 Kalasan memiliki tingkat kecerdasan adversity sedang yaitu sebanyak 124 siswa atau 65,3 %. 3) Sebagian besar siswa kelas XI di SMK N 1 Kalasan memiliki tingkat motivasi belajar sedang, yaitu sebanyak 129 siswa atau 67,9%. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel kecerdasan adversity memberi sumbangan efektif terhadap variabel motivasi belajar sebesar 2,2 % dan selebihnya sebesar 97,8 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : kecerdasan adversity, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:02
Last Modified: 24 Apr 2019 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63650

Actions (login required)

View Item View Item