PENGARUH LATIHAN HOP-STEP TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PURWOREJO JAWA TENGAH

Riza Dwi Surachman (2012) PENGARUH LATIHAN HOP-STEP TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PURWOREJO JAWA TENGAH. S1 thesis, FIK.

[img] Text
5. Abstrak Edit.rtf

Download (50kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan hop-step terhadap hasil lompat jauh siswa kelas X SMK Negeri 4 tahun pelajaran 2011/2012 Purworejo Tengah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttes design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas X SMK Negeri 4 Purworejo yang berjumlah 135 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling atau secara acak dan teknik pengambilan besarnya sampel menggunakan sample size dengan tingkat kesalahan 17%. Variabel yang diteliti adalah lompat jauh (variabel terikat) dan latihan hop-step (variabel bebas). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes lompat jauh dan alat ukur yang digunakan adalah roll meter. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% dihitung dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan hop-step terhadap kemampuan lompat jauh siswa kelas X SMK Negeri 4 Purworejo. Hal ini dibuktikan degan nilai t hitung > t tabel (9,932 > 1,706) dan nilai signifikansi (p) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Jadi latihan hop-step dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh siswa kelas X SMK Negeri 4 Purworejo. Kata kunci: Latihan Hop-Step, Lompat Jauh, Siswa SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6365

Actions (login required)

View Item View Item