PENGARUH LATIHAN FREE WEIGHT DAN GYM MACHINE TERHADAP PERSENTASE LEMAK DITINJAU DARI KADAR VO2 MAX MEMBER FITNESS SOEN BARBELL SLEMAN

Arianto, Afeb Chesa (2021) PENGARUH LATIHAN FREE WEIGHT DAN GYM MACHINE TERHADAP PERSENTASE LEMAK DITINJAU DARI KADAR VO2 MAX MEMBER FITNESS SOEN BARBELL SLEMAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_afeb chesa arianto_18711251033.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara latihan menggunakan free weight dan gym machine terhadap persentase lemak member Fitness Soen Barbell Sleman. (2) Perbedaan pengaruh antara VO2 Max tinggi dan rendah terhadap persentase lemak. (3) Interaksi antara latihan menggunakan free weight dan gym machine dan VO2 Max (tinggi dan rendah) terhadap persentase lemak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah Member Fitness Soen Barbell Sleman yang berjumlah 38 orang. Teknik sampling menggunakan rumus Slovin berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur VO2 Max menggunakan Multistage Fitness Test dan persentase lemak menggunakan Skinfold Caliper. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan menggunakan free weight dan gym machine terhadap persentase lemak, dengan nilai F 5,805 dan p < 0,05. Kelompok latihan beban free weight lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan kelompok latihan beban gym machine terhadap persentase lemak, dengan selisih rata-rata sebesar 1,78. (2) Ada perbedaan yang signifikan pengaruh antara member yang memiliki VO2 Max tinggi dan rendah terhadap persentase lemak, dengan nilai F 4,913 dan p < 0,05. Member yang memiliki VO2 Max tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan member yang memiliki VO2 Max rendah terhadap persentase lemak, dengan selisih rata-rata sebesar 1,28. (3) Ada interaksi yang signifikan antara latihan menggunakan free weight dan gym machine dan VO2 Max (tinggi dan rendah) terhadap persentase lemak member Fitness Soen Barbell Sleman, dengan nilai F 11,378 dan p < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. dr. Rahmah Laksmi Ambardini, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: latihan beban
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Mar 2021 06:59
Last Modified: 05 Mar 2021 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63644

Actions (login required)

View Item View Item