TINGKAT KECEMASAN DAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS KHUSUS OLAHRAGA CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Silaban, Harry Kusuma (2021) TINGKAT KECEMASAN DAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS KHUSUS OLAHRAGA CABANG OLAHRAGA SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_harry kusuma silaban_17601241059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa tingkat kecemasan dan percaya diri peserta didik kelas khusus olahraga cabang olahraga sepakbola di SMA Negeri 1 Seyegan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah survei melalui teknik pengambilan data tes. Instrumen berupa tes pilihan ganda terdiri atas: (1) motorik, (2) afektif, (3) somatik, dan (4) kognitif, (5) keyakinan pada kemampuan diri, (6) optimisme (7) objektif, (8) konsekuen, (9) rasional dan realistis. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif persentase. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik Kelas Khusus Olahraga cabang olahraga sepakbola di SMA Negeri 1 Seyegan sejumlah 47 peserta didik sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa tingkat kecemasan terhadap peserta didik kelas khusus olahraga cabang olahraga sepakbola di SMA Negeri 1 Seyegan masuk dalam kategori Sangat Tinggi dengan persentase 8,51 %, kategori Tinggi dengan persentase 14,89 %, kategori Sedang dengan persentase 57,45%, kategori Rendah dengan persentase 12,76 %, dan kategori Sangat Rendah dengan persentase 6,38 %. Sedangkan untuk kepercayaan diri kategori Sangat Tinggi dengan presentase 6,38 %, kategori Tinggi dengan presentase 14,89 %, kategori Sedang dengan presentase 57,45 %, kategori Rendah dengan presentase 12,76 %, kategori Sangat Rendah dengan presentase 6,38 %. Hasil tersebut diartikan sebagian besar tingkat kecemasan dan percaya diri terhadap peserta didik kelas khusus olahraga cabang olahraga sepakbola di SMA Negeri 1 Seyegan berkategori Sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:57
Last Modified: 04 Mar 2021 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63641

Actions (login required)

View Item View Item