FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERAMPILAN MOTORIK SISWA KELAS VII SMP PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Setiadi, Lovitasari Damayanti (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERAMPILAN MOTORIK SISWA KELAS VII SMP PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lovita 15601244047 FIK UNY.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Di SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta untuk materi pembelajaran PJOK belum diketahui faktor yang menjadi pengaruh keterampilan motorik siswa putra dan siswa putri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan motorik siswa kelas VII SMP pada Pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta yang berjumlah 124 siswa. Hasil uji coba instrumen dari 30 butir pernyataan, ada 2 butir pernyataan yang gugur sehingga diperoleh 28 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 hasil data yang didapatkan. Pertama, faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan motorik siswa kelas VII SMP pada pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta berada di kategori “sangat tinggi” dengan persentase 6,45%, kategori “tinggi” dengan persentase 25,81%, kategori “sedang” dengan persentase 41,13%, kategori “rendah” dengan persentase 21,77%, dan kategori “sangat rendah” dengan persentase 4,84%. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan motorik siswa putra kelas VII SMP yaitu berada dalam kategori “sangat tinggi” dengan persentase 3,13%, kategori “tinggi” dengan persentase 28,13%, kategori “sedang” dengan persentase 45,31%, kategori “rendah” dengan persentase 17,19%, dan kategori “sangat rendah” dengan persentase 6,25%. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan motorik siswa putri kelas VII SMP yaitu berada dalam kategori “sangat tinggi” dengan persentase 6,67 %, kategori “tinggi” dengan persentase 25,00%, kategori “sedang” dengan persentase 35,00%, kategori “rendah” dengan persentase 26,67%, dan kategori “sangat rendah” dengan persentase 6,67%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, PJOK, keterampilan, motorik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:16
Last Modified: 24 Apr 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63636

Actions (login required)

View Item View Item