HUBUNGAN POLA ASUH PERMISIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 KALASAN

Agnes Tri Mitayani, Agnes (2018) HUBUNGAN POLA ASUH PERMISIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Agnes Tri Mitayani_14104241036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui adanya hubungan antara pola asuh permisif dengan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Kalasan 2) mengetahui tingkat minat belajar siswa SMP Negeri 2 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Sampel penelitian berjumlah 182 siswa, menggunakan teknik kuota sampling. Pengumpulan data menggunakan skala pola asuh permisif dan minat belajar. Uji validitas menggunakan validitas logis melalui expert judgment dan validitas uji empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpa Cronbach’s. Uji normalitas data menunjukan kedua variabel memiliki distribusi normal, yaitu pada variabel pola asuh permissive nilai signifikansi 0,245 > 0,05 dan pada variabel minat belajar nilai signifikansi 0,179 > 0,05. Untuk uji linearitas menunjukan kedua variable linear, yaitu dengan nilai signifikansi 0,233 > 0,05. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan, 1)Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Kalasan, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,215 2) Sebagian besar siswa SMP Negeri 2 Kalasan memiliki tingkat minat belajar pada kategori sedang sebanyak 111 siswa dengan presentase 60,9%. Kata kunci : pola asuh permisif, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:07
Last Modified: 24 Apr 2019 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63633

Actions (login required)

View Item View Item