MENGEMBANGKAN NILAI KEJUJURAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELOMPOK TPA AL-MUNNAWAR KAMPUNG KUNINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Fatmala, Reza Rosita (2012) MENGEMBANGKAN NILAI KEJUJURAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELOMPOK TPA AL-MUNNAWAR KAMPUNG KUNINGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Reza Rosita Fatmala_08105241013.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan nilai kejujuran dengan menggunakan media buku cerita bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelompok TPA Al-Munawwar kampung Kuningan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Kelas yang terdiri dari 3 fase yaitu fase persiapan, fase mengajar, dan fase mendiskusikan hasil observasi. Adapun subjek penelitian adalah santriwan/santriwati umur 9 sampai 11 sebanyak 12 anak di TPA Al-Munawwar. Penelitian kelas ini dilaksanakan dalam dua putaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi kegiatan pembelajaran Kooperatif STAD, observasi aktivitas kejujuran siswa di sekolah dan di rumah, serta wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan buku cerita bergambar terbukti efektif, terlihat adanya perubahan persentase jumlah komponen kegiatan pembelajaran semua kelompok. Putaran I rata-rata jumlah persentasenya sebesar 75,75%, kemudian putaran II mengalami peningkatan sebesar 14% sehingga jumlahnya mencapai 89,75%. Sedangkan pada nilai kejujuran siswa TPA Al-Munawwar mengalami perubahan skor dari hasil pengisian angket sebelum penelitian ( awal ) hanya sebesar 896 dengan rata-rata persentasenya sebesar 74,67% berada pada kriteria tinggi; sedangkan untuk putaran I memperoleh skor sebesar 1011 dengan rata-rata persentasenya sebesar 84,25% dan putaran II memperoleh skor sebesar 1055 dengan rata-rata persentasenya sebesar 87,91% berada pada kriteria sangat tinggi. Hasil pengisian angket kejujuran kemudian diverifikasi dengan hasil observasi di sekolah yang mencapai 74,79% dan hasil observasi di rumah sebesar 88,55%. Hasil wawancara menunjukkan bahwa keseluruhan siswa mempunyai kejujuran yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Sep 2012 09:28
Last Modified: 29 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item