PENINGKATAN PERCAYA DIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VB SD NEGERI NOGOTIRTO SLEMAN

Larasati, Esthi (2019) PENINGKATAN PERCAYA DIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VB SD NEGERI NOGOTIRTO SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Esthi Larasati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas VB SD Negeri Nogotirto Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VB SD Negeri Nogotirto, Sleman yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, skala, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 80% dari jumlah seluruh siswa kelas VB SD N Nogotirto nilai sikap percaya diri berada dalam kategori minimal tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan percaya diri siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Percaya diri siswa pada pra tindakan memiliki rata-rata skor perolehan 81,46 dengan 9 siswa atau 37,5% memperoleh kategori percaya diri ≥ tinggi, meningkat menjadi rata-rata skor perolehan 89,92 dengan 16 atau 66,66% siswa memperoleh kategori percaya diri ≥ tinggi pada siklus I, meningkat kembali menjadi rata-rata skor perolehan 91,96 dengan 18 atau 75% siswa memperoleh kategori percaya diri ≥ tinggi pada siklus II, dan meningkat kembali menjadi rata-rata skor perolehan 96,5 dengan 24 atau 100% siswa memperoleh kategori percaya diri ≥ tinggi di siklus III. Kata kunci: percaya diri, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Apr 2019 09:01
Last Modified: 23 Apr 2019 09:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63608

Actions (login required)

View Item View Item