PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GODEAN, YOGYAKARTA

Pradana, Raditya Nuzul (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GODEAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Raditya NuzuL Pradana_08105244036.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah I Godean, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan variabel terikat minat belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Godean, Yogyakarta, dan variabel bebasnya yaitu multimedia interaktif. Desain penelitiannya yaitu nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Godean, Yogyakarta yang berjumlah 64 siswa, dan terdiri dari dua kelas. Kelas VIII C dengan jumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol, dan kelas VIII D dengan jumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t, uji persyaratan analisis, analisis rentang skor dan tahap pengujian hipotesis. Tahap prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas dan analisis rentang skor untuk menentukan kriteria minat belajar siswa dengan melihat perbedaan hasil minat belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan. Sedangkan, uji hipotesis yaitu dengan melihat perbedaan hasil minat belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan pada taraf signifikasi 5% (alpha=0,05). Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Godean, Yogyakarta. Dapat dibuktikan dari hasil uji t, dimana t hitung = 2,919, sig 0,005 untuk N=62, t = 1,669. Dengan demikian, t hitung > t tabel tabel yaitu 2,919 > 1,669, dan nilai sig < (0,05) yaitu 0,005 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Sep 2012 09:28
Last Modified: 29 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6360

Actions (login required)

View Item View Item