PENGEMBANGAN KAMUS ELEKTRO BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMK NEGERI 2 WONOSARI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

Bilah, Meisya Bahreza (2019) PENGEMBANGAN KAMUS ELEKTRO BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMK NEGERI 2 WONOSARI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Cover s.d Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan aplikasi mobile kamus elektro berbasis android sebagai media bantu belajar siswa SMK Negeri 2 Wonosari kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, (2) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika ditinjau dari ahli media, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran kamus elektro berbasis android sebagai media bantu belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development dengan pengembangan model ADDIE oleh Willian W. Lee dan Diana L Owens yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Kelayakan media pembelajaran ini ditinjau dari aspek media dan aspek materi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XA TITL SMK Negeri 2 Wonosari menggunakan metode kuisioner/ angket, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) aplikasi kamus elektro telah memenuhi kebutuhan sebagai media bantu belajar siswa yang ditunjukan dengan kesesuaian antara kebutuhan pengguna dengan fitur yang dikembangkan. Aplikasi ini memiliki empat menu yang dapat dipilih oleh pengguna yaitu beranda, kesukaan, petunjuk, dan tentang aplikas, (2) Hasil uji kelayakan yang dilakukan para ahli menyimpulkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak digunakan. Ahli media menyimpulkan bahwa media pembelajaran ini “Sangat Layak” dengan nilai rerata keseluruhan 75,5. Ahli materi menyimpulkan bahwa media pembelajaran ini “Sangat Layak” dengan nilai rerata keseluruhan 65,5, dan (3) respon penggunaan peserta didik terhadap media pembelajaran kamus elektro berbasis android berdasarkan aspek kualitas teknis, kualitas isi, dan kualitas instruksional mendapat rerata skor total 67,20 dengan kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, kamus elektro, android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:38
Last Modified: 23 Apr 2019 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63595

Actions (login required)

View Item View Item