Tinutur Restu Dwitama, Tinutur (2018) EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI OTOT UNTUK MEMBANTU SISWA MENGURANGI STRES BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
SKRIPSI_TINUTUR RESTU DWITAMA_13104241035.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik relaksasi otot untuk mengurangi stres belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon dengan berjumlah 10 kelas terdiri dari 6 kelas MIPA dan 4 kelas IPS dengan jumlah siswa sebanyak 340 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Sewon sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Sewon sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala stres belajar. Teknik analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik relaksasi otot efektif untuk mengurangi stres belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung sebesar 17,118 lebih besar dari ttabel 2,000 (17,118>2,000) dan signifikansi sebesar 0,000<0,05. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih kecil dari pada nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol (86,12<124,00) menunjukkan jika teknik relaksasi otot efektif untuk mengurangi stres belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon. Atas dasar temuan penelitian tersebut dapat dijelaskan jika teknik relaksasi otot dapat mengurangi masalah-masalah yang berhubungan dengan stres belajar pada siswa seperti berbicara didepan umum, tekanan tugas dari guru yang tinggi, dan tekanan siswa dalam menghadapi ujian. Kata kunci: efektifitas, teknik relaksasi otot, dan stres belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 04:43 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 04:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |