PERBEDAAN PERILAKU ALTRUISTIK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Retnoning Tyas, Retnoning (2018) PERBEDAAN PERILAKU ALTRUISTIK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
14104241045_RETNONING TYAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat altruistik apabila ditinjau dari kecerdasan emosional dan jenis kelamin. Selain itu juga untuk mengetahui hubungan antara perilaku altruistik dengan kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan metode komparasi dengan populasi sejumlah 349 mahasiswa bimbingan dan konseling FIP UNY. Subjek penelitian terdiri dari 180 mahasiswa yang terdiri dari 57 laki-laki dan 123 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala altruisme dan skala tes kecerdasan emosional. Skala altruisme mempunyai reliabilitas sebesar 0,912, sedangkan pada skala tes kecerdasan emosional memiliki reliabilitas sebesar 0,848. Data penelitian ini dianalisis dengan statistik two way Anova dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan perilaku altruistik ditinjau dari kecerdasan emosional dan jenis kelamin. Artinya, kecerdasan emosional dan jenis kelamin memberikan kontribusi terhadap perilaku altruistik mahasiswa BK.. Perbedaan ini dapat dilihat pada analisis data yang menghasilkan angka F(180) = 0,007 < 0,05. Lebih lanjut, (2) uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara perilaku altruistik dengan kecerdasan emosional (sig. 0,000 < 0,05) Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: altruistik, kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:25
Last Modified: 23 Apr 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63591

Actions (login required)

View Item View Item