EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP PEMAHAMAN STUDI LANJUT

Devita Wahyuning Mentari, Devita (2018) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP PEMAHAMAN STUDI LANJUT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
DEVITA WAHYUNING MENTARI_13104244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman studi lanjut sangat penting dalam pemberian layanan informasi karir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pemanfaatan media layanan informasi karir terhadap pemahaman studi lanjut siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan berupa True Eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX, ukuran sampel penelitian sebanyak 64 siswa ditentukan dengan cara purposive sampling. Alat pengumpul data menggunakan skala pemilihan media layanan informasi karir dan skala pemahaman studi lanjut. Teknik analisis dala menggunakan T-Test ( Uji – t ) dengan menggunakan alat bantu SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil pretest kelas eksperimen pada pemahaman studi lanjut kategori sedang meningkat saat posttest menjadi kategori tinggi. (2) hasil pretest kelas kontrol pada pemahaman studi lanjut kategori sedang tetap stagnan saat posttest kategori sedang. (3) Hasil T-Test (Uji –t) menunjukkan 0,00 < 0,05, berarti pemanfaatan media layanan informasi karir mempengaruhi pemahaman studi lanjut dengan sumbangan efektif yang dihasilkan sebesar 42,4%, Kata kunci : Media, layanan informasi karir, pemahaman studi lanjut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:45
Last Modified: 23 Apr 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63588

Actions (login required)

View Item View Item