PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHIAS BUSANA DENGAN TEKNIK SULAMAN FANTASI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Ayudia, Nurul Wahida (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHIAS BUSANA DENGAN TEKNIK SULAMAN FANTASI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) melihat penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam mata pelajaran menghias busana dengan teknik sulaman fantasi siswa kelas XI Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta. (b) Mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran menghias busana siswa kelas XI Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta. Penelitian ini merupakan. Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu menganalisis rancangan sulaman fantasi dalam suatu produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta yang berjumlah 21 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi pelaksanaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray, tes unjuk kerja, dan dkumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dalam presentase. Hipotesis Tindakan adalah adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Menghias Busana Kelas XI Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta dengan mencoba menerapkan metode pembelajaran Two Stay Two Stray. Penerapan metode pembelajaran pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) sesuai sintak yang disandingkan dengan pendekatan saintifik bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menghias busana pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Karya Rini Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai hasil belajar menghias busana dari siklus I dengan rata-rata 75,98 menjadi 84,67 pada siklus II, dan prosentase ketuntasan belajar meningkat dari siklus I sebesar 57,14% menjadi 100% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelejaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Sulaman Fantasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:22
Last Modified: 23 Apr 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63584

Actions (login required)

View Item View Item