PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X TATA BUSANA PADA PEMBELAJARAN DTM DI SMK N 3 KLATEN

Rufaida, Intan (2019) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X TATA BUSANA PADA PEMBELAJARAN DTM DI SMK N 3 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. HALAMAN AWAL.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB IV.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang tidak menggunakan metode problem based learning dalam pembelajaran DTM di SMK N 3 Klaten, 2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode problem based learning dalam pembelajaran DTM di SMK N 3 Klaten, 3) Membuktikan ada pengaruh metode problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran DTM di SMK N 3 Klaten. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain randomized posttest only control Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Klaten. Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling berupa simple random sampling .Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan observasi untuk mengukur efektifitas penggunaan metode.Validitas instrument tes menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrument menggunakan metode inter-rater. Uji normalitas menggunakan rumus One Sample Kolmogorov Smirnov dengan nilai 0.129 pada kelas kontrol dan 0.732 pada kelas eksperimen. Uji homogenitas menggunakan uji-F dengan nilai =1.789.Ujihipotesis menggunakan Independent Sample T test Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir siswa tanpa menggunakan metode problem based learning dalam pembelajaran DTM di SMK N 3 Klaten yaitu 15 siswa (46.9%) kategori baik, 17 siswa (53.1%) kategori cukup dan 0 (0%) kategori kurang, 2) kemampuan berpikir kritis siswadengan menggunakan metode problem based learning dalam pembelajaran DTM di SMK N 3 Klatenyaitu 32 siswa (100%) kategori baik, 0 siswa (0%) kategori cukup 3) terdapat pengaruh metode problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran DTM di SMK N 3 Klaten, dilihat dari hasil perhitungan uji-t diperoleh - kurang dari- (-8,913 <- 1.69 ) dan taraf signifikansi lebih kecil (0,00< 0,05)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan berpikir kritis
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:18
Last Modified: 23 Apr 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63583

Actions (login required)

View Item View Item