TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN KOMPLEKS DI BENGKEL PEMESINAN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Saparudin, Muhammad Agus (2019) TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMESINAN KOMPLEKS DI BENGKEL PEMESINAN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (979kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_MUHAMMAD AGUS SAPARUDIN_17503247007.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (776kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tanggapan mahasiswa terhadap pelayanan pada pelaksanaan pembelajaran Praktik Pemesinan Kompleks di bengkel pemesinan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik (JPTM FT) UNY; (2) tanggapan mahasiswa terhadap kemampuan praktik pada pelaksanaan pembelajaran Praktik Pemesinan Kompleks di bengkel pemesinan JPTM FT UNY; dan (3) tanggapan mahasiswa terhadap kelengkapan sarana dan prasarana pada pelaksanaan pembelajaran Praktik Pemesinan Kompleks di bengkel pemesinan JPTM FT UNY. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang dilaksanakan di bengkel pemesinan JPTM FT UNY dengan sampel yang diambil yaitu populasi mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (S-1) konsentrasi pemesinan semester 6 angkatan tahun 2016 yang menempuh mata kuliah Praktik Pemesinan Kompleks yang berjumlah 29 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah desktiptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tanggapan mahasiswa terhadap pelayanan pada pelaksanaan pembelajaran Praktik Pemesinan Kompleks di bengkel pemesinan JPTM FT UNY berada dalam kategori sudah memuaskan dengan persentase sebesar 67,9% atau sebanyak 19 mahasiswa; (2) tanggapan mahasiswa terhadap kemampuan praktik pada pelaksanaan pembelajaran Praktik Pemesinan Kompleks di bengkel pemesinan JPTM FT UNY berada dalam kategori sudah kompeten dengan persentase sebesar 78,6% atau sebanyak 22 mahasiswa; dan (3) tanggapan mahasiswa terhadap kelengkapan sarana dan prasarana pada pelaksanaan pembelajaran Praktik Pemesinan Kompleks di bengkel pemesinan JPTM FT UNY berada dalam kategori cukup lengkap dengan persentase sebesar 64,3% atau sebanyak 18 mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Praktik, Mahasiswa, Pelayanan, Sarana dan Prasarana, Tanggapan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:13
Last Modified: 23 Apr 2019 01:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63582

Actions (login required)

View Item View Item