PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP INSTITUT INDONESIA YOGYAKARTA

Muzakki, Fauzan Ali (2012) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP INSTITUT INDONESIA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_FIP_KTP_Fauzan Ali Muzakki_05105241022.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik dalam aspek kemampuan kerjasama pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Institut Indonesia Yogyakarta melalui penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif yaitu kerjasama pendidik dan peneliti untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik menggunakan model pembelajaran SAVI. Setting penelitian mengambil tempat di SMP Institut Indonesia Yogyakarta. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Institut Indonesia Yogyakarta yang berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan data diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran, observasi kecerdasan interpersonal, wawancara terhadap peserta didik dan guru serta dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis data kuantitatif deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal khususnya aspek kemampuan kerjasama peserta didik kelas VIII SMP Institut Indonesia Yogyakarta pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sebelum tindakan, persentase kemampuan kerjasama peserta didik memiliki kategori cukup sebesar 42,29% dengan skor rata-rata 10,15. Setelah dilakukan tindakan pada kegiatan I, maka kemampuan kerjasama peserta didik meningkat dengan persentase sebesar 48,48% dengan skor rata-rata 11,63. Penelitian dilanjutkan dengan melakukan tindakan pada kegiatan II dan memperoleh hasil persentase kemampuan kerjasama sebesar 55,30% dengan skor rata-rata 13,27. Hasil wawancara yang dilakukan kepada beberapa peserta didik dan guru menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan model pembelajaran SAVI diminati oleh peserta didik dan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal pada aspek kemampuan kerjasama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 27 Sep 2012 08:35
Last Modified: 29 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6358

Actions (login required)

View Item View Item