Widyapuja, Enggar Putu (2019) PROSES PEMBUATAN RANGKA ATAS PADA MOBIL LISTRIK. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
2. FILE HALAMAN COVER s.d DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
10. FILE ABSTRAK.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB 1.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB 2.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 3.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB 4.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB 5.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
8. FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
9. FILE LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Mobil Listrik terdiri dari dua rangka utama yaitu rangka bawah dan rangka atas. Rangka Mobil Listrik merupakan salah satu bagian penting pada mobil yang harus mempunyai kontruksi kuat untuk menahan beban kendaraan. Tujuan pembuatan Rangka Atas pada Mobil Listrik adalah mengetahui : (1) bahan yang digunakan untuk pembuatan rangka atas, (2) alat dan mesin yang digunakan, (3) proses pembuatan rangka atas, (4) uji analisis kekuatan pada rangka atas Mobil Listrik menggunakan Software Solidworks. Metode yang digunakan dalam pembuatan rangka atas yaitu : (1) menentukan bahan yang akan digunakan, (2) pemilihan alat dan mesin yang akan digunakan, (3) langkah-langkah proses pembuatan rangka, (4) melakukan uji pada rangka. Rangka atas Mobil Listrik memiliki dimensi keseluruhan : (1) panjang 2633.76 mm, (2) lebar 1151 mm, (3) tinggi 1281.39 mm. Rangka Atas Mobil Listrik terbuat dari bahan : (1) pipa baja ISTW standar JIS G3445 seri STKM 11A dengan spesifikasi 25 x 1.6 x 6000 mm jumlah 3 pcs, (2) pipa baja ISTW standar JIS G3445 seri STKM 11A dengan spesifikasi 25 x 1.2 x 6000 mm jumlah 2 pcs. Pengerjaan Rangka Atas Mobil listrik ada 3 proses yaitu : (1)proses pemotongan bahan, (2) proses pengerollan dan, (3) proses pengelasan. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan Rangka Atas Mobil Listrik adalah 112 jam. Hasil uji kinerja Rangka Atas Mobil Listrik yaitu: (1) melalui uji analisis software kekuatan tekanan pilar-pilar rangka mampu menahan beban distribusi maksimal 500 N, sehingga rangka atas mampu menahan deformasi dari beban body, (2) kesejajaran rangka antar pilar sudah center atau lurus, (3) pengerollan bahan sesuai dengan gambar kerja dan ukuran rangka, (4) pengelasan keseluruhan pada Rangka Atas sudah layak.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rangka Atas, Pengerollan, dan Pengelasan Rangka |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 07:23 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 07:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63577 |
Actions (login required)
View Item |