PENINGKATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV DI SD 1 SEKARSULI KABUPATEN BANTUL

Ardiyanti, Tika (2019) PENINGKATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV DI SD 1 SEKARSULI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tika Ardiyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sekarsuli, melalui model role playing pada pembelajaran tematik bermuatan Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sekarsuli. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan angket. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi guru dan karakter peduli sosial siswa, serta angket karakter peduli sosial siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role playing dalam pembelajaran tematik bermuatan IPS yang melibatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan karakter peduli sosial siswa. Tahapan model role playing diantaranya (1) memilih masalah, (2) pemilihan peran, (3) menyusun tahap-tahap bermain peran, (4) menyiapkan pengamat, (5) pemeranan, (6) diskusi dan evaluasi, (7) pengambilan kesimpulan. Peningkatan ketuntasan karakter peduli sosial siswa dari kondisi awal (47%) ke siklus I menjadi 53%. Namun, peningkatan yang terjadi belum signifikan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II berupa, membagi kelompok secara acak sesuai pilihan guru, siswa yang tidak tampil diingatkan untuk memperhatikan teman yang sedang memainkan peran, guru membimbing dan mengarahkan siswa untuk berdiskusi dan bekerjasama, membagikan teks skenario role playing pada masing-masing siswa, dapat meningkatkan karakter peduli sosial siswa sebesar 29% yaitu dari siklus I sebesar 53% menjadi 82% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model role playing dapat meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas IV SD N 1 Sekarsuli. Kata Kunci : karakter peduli sosial, role playing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Apr 2019 02:34
Last Modified: 22 Apr 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63559

Actions (login required)

View Item View Item