IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK SEORANG KONSELOR YANG DIINGINKAN PESERTADIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI YOGYAKARTA

Tyas Charlina, Tyas (2018) IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK SEORANG KONSELOR YANG DIINGINKAN PESERTADIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_TYAS CHARLINA_11104244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berdasarkan ketidaknyamanan konseli untuk konseling dengan konselor yang ditandai dengan konseli tidak mau datang ke ruang BK. Konseli merasa konselor tidak sesuai dengan karakteristik yang konseli inginkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mencari krakteristik konselor yang diinginkan konseli. Penelitian ini menggunakan pendakatan kuantitatif metode yang digunakan peneliti adalah penelitian survey. Subyek dipilih adalah pesertadidik SMA negeri Yogyakarta pada tahun 2018 dengan menggunakan proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 125 siswa Pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini yakni teknik analisis kuantitatif deskriptif.. Hasil penilitian menunjukan karakteristik konselor sekolah yang diinginkan siswa SMA Negeri di Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta yang terbesar yaitu karakteristik penghargaan positif tanpa syarat sebesar 20,60% dengan butir karakter terbesar, yaitu konselor menerima dan memberikan bimbingan tanpa memandang status sosial. Pada indikator karakteristik konselor kongruensi karakter terbesar yakni konselor menerima konseli tanpa pilih kasih. Semantera untuk indikator karakteristik konselor empati yang di. Kata kunci: karakteristik konselor sekolah, siswa SMA sebagai remaja,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Apr 2019 02:13
Last Modified: 22 Apr 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63554

Actions (login required)

View Item View Item