UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS V PADA TEMA 7 BERMUATAN IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SD NEGERI WIDORO, PENGASIH, KULON PROGO

Hanwita, Aulia Anggit (2019) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS V PADA TEMA 7 BERMUATAN IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SD NEGERI WIDORO, PENGASIH, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aulia Anggit Hanwita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas V pada Tema 7 bermuatan IPS melalui metode bermain peran di SD Negeri Widoro, Pengasih, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Widoro, Pengasih, Kulon Progo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data hasil percaya diri siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh hasil aspek percaya diri dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada Tema 7 bermuatan IPS melalui metode bermain peran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil percaya diri siswa dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi percaya diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran pada Tematik bermuatan IPS dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas V SD N Widoro. Berdasarkan hasil angket yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 33,33%, Siklus I sebesar 58,33%, dan siklus II sebesar 91,67%. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terlihat dari siswa lebih aktif, komunikatif serta suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Kata kunci : percaya diri, Tema 7 bermuatan IPS, metode bermain peran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:58
Last Modified: 22 Apr 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63550

Actions (login required)

View Item View Item