PENGEMBANGAN ALAT UKUR HARGA DIRI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ermawaty Puspitaningrum, Ermawaty (2018) PENGEMBANGAN ALAT UKUR HARGA DIRI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ERMAWATY PUSPITANINGRUM_13104244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat ukur harga diri yang memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli yang berkompeten (expert) dan siswa SMP, pengambilan subjek dengan random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen penilaian ahli dan siswa dalam bentuk angket. Prosedur pengembangan Alat Ukur Harga Diri mengacu pada langkah-langkah dasar perancangan dan penyusunan skala psikologi dari Saifuddin Azwar yang terdiri dari : 1) identifikasi tujuan ukur, 2) operasional konsep, 3) penskalaan dan pemilihan format stimulus, 4) penulisan item, 5) uji coba, 6) analisis item, 7) kompilasi I seleksi item, 8) pengujian reliabilitas, 9) pengujian validitas item, 10) kompilasi II format final. Teknik analisis data untuk validitas isi adalah pendapat ahli yang berkompeten (expert judgement) dan untuk menghitung validitas item digunakan teknik korelasi item-total Product Moment Pearson dan untuk menghitung koefisien reliabilitas menggunakan teknik analisis Alfa Cronbach sedangkan data kualitatif hasil penilaian ahli dan 30 siswa SMP berupa masukan, saran dan kritik serta tanggapan dideskripsikan sesuai data yang ada. Hasil validasi ahli menjukkan bahwa alat ukur harga diri telah layak digunakan setelah sebelumnya dilakukan beberapa revisi sesuai saran dan secara keseluruhan dinyatakan memenuhi validitas isi. Uji coba tahap I pada 30 siswa SMP menunjukkan bahwa setiap item mudah dipahami. Dan hasil uji statistik menunjukkan 20 item dengan koefisien reliabilitas 0,790 terdapat 22 item yang memiliki korelasi item total ≤0,30 dan dinyatakan gugur yaitu nomer 1, 4, 5, 6, 9, 10, 12, 13, 15, 16, 18, 19, 20, 24, 25, 29, 31, 32, 34 dan 38. Uji coba tahap II dilakukan pada 90 siswa SMP, hasil statistik menunjukkan 20 item dengan koefisien 0,761 terdapat 8 item yang memiliki korelasi item-total ≤0,30. Item-item tersebut kemudian direvisi dan dilakukan uji ahli (expert judgment) kembali. Setelah dilakukan uji ahli yang ke-2 maka dinyatakan alat ukur harga diri layak digunakan kepada siswa SMP. Format final alat ukur harga diri siswa SMP ini menghasilkan 20 item valid dan reliabel sehingga layak digunakan sebagai instrumen. Kata Kunci: inventori, alat ukur harga diri, siswa SMP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:18
Last Modified: 18 Apr 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63546

Actions (login required)

View Item View Item