HUBUNGAN ANTARA PERANAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 4 KALASAN

Lisa Widyastuti, Lisa (2018) HUBUNGAN ANTARA PERANAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 4 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Lisa Widyastuti_11104241067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peranan kelompok teman sebaya (peer group) pada siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan, (2) hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan, dan (3) hubungan antara peranan kelompok teman sebaya (peer group) dengan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 4 Kalasan, dengan jumlah keseluruhan adalah 176 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa VIII di SMP N 4 Kalasan sebanyak 118 siswa yang dihitung menggunakan tabel Krecjie dan Morgan pada taraf signifikan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala, dan studi dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas isi dan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peranan kelompok teman sebaya (peer group) siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan berada pada kategori “tinggi” sebanyak 61 siswa (51,69%); (2) Hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan berada pada kategori “rendah” sebanyak 36 siswa (30,51%); dan (3) Terdapat korelasi positif dan signifikan antara peranan kelompok teman sebaya (peer group) dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan dengan nilai p sebesar 0,000 kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Variabel peranan kelompok teman sebaya (peer group) memberikan sumbangan pada variabel hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 4 Kalasan sebesar 56,5%; sedangkan sisanya sebesar 43,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: peranan kelompok teman sebaya (peer group), dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:09
Last Modified: 18 Apr 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63545

Actions (login required)

View Item View Item