UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR POSITIF MELALUI KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL PADA SISWA KELAS XI TP SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Agustina Larasati, Agustina (2018) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR POSITIF MELALUI KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL PADA SISWA KELAS XI TP SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Agustina Larasati_14104241042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berfikir positif melalui konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Kelas). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TP SMK PIRI 1 Yogyakarta sebanyak 21 siswa yang selanjutnya hanya 5 siswa menjadi anggota konseling kelompok. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa skala kemampuan berfikir positif. Penentuan skorisasi skala didasarkan pada perhitungan skala Likert, sedangkan untuk uji validitas instrument yang digunakan berupa uji validitas korelasi product Moment dan uji reliabilitas yang digunakan adalah uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbac. Berdasarkan hasil uji validitas instrument didapatkan 35 item valid dari jumlah semula sebanyak 44 item dan nilai reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,967 dan termasuk dalam kategori tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa: setelah dilakukan empat kali sesi konseling dengan topik kemampuan berfikir positif, kelima siswa anggota kelompok menunjukkan peningkatan pada skor hasil post test. Skor kelima siswa anggota kelompok meningkat dari kisaran 47- 88 point menjadi sekitar 83- 89 point.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:03
Last Modified: 18 Apr 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63543

Actions (login required)

View Item View Item