PERTIMBANGAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN MATA PELAJARAN PJOK BERDASARKAN RANAH KOGNITIF, RANAH AFEKTIF DAN RANAH PSIKOMOTORIK BAGI SISWA SMP NEGERI SE - KABUPATEN SLEMAN

Herwanto, Ahmad Nugroho Mei (2019) PERTIMBANGAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN MATA PELAJARAN PJOK BERDASARKAN RANAH KOGNITIF, RANAH AFEKTIF DAN RANAH PSIKOMOTORIK BAGI SISWA SMP NEGERI SE - KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_ahmadnugroho_14601241023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian pendidikan jasmani yang tidak terlepas dari tiga ranah penilaian yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. selain itu sering terjadi penilaian pendidikan jasmani hanya mengutamakan aspek psikomotorik saja atau lebih dominan dibandingkan ranah lainnya. berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase pertimbangan guru dalam memberikan penilaian mata pelajaran PJOK siswa Sekolah Menengah Pertama Se – Kabupaten Sleman yang mencakup tiga aspek penilaian yaitu aspek kognitif, aspek psikomotorik dan aspek afektif. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data melalui angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket telah divalidasi oleh seorang ahli (expert judgement). Uji validitas dari 45 butir pertanyaan terdapat 7 butir pernyataan gugur dan diperoleh 38 butir yang valid dengan nilai validitas total rata – rata sebesar 0,562, pada uji reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Cornbach diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,948. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dipersentasekan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan guru dalam memberikan penilaian mata pelajaran PJOK bagi siswa tidak terlepas dari tiga aspek penilaian. Hasil ini ditunjukkan dengan pertimbangan aspek kognitif sebesar 31,25%, pertimbangan aspek afektif sebesar 31,80% dan pertimbangan aspek psikomotorik sebesar 36,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa persentase pertimbangan guru dalam memberikan penilaian mata pelajaran PJOK siswa SMP Negeri se – Kabupaten Sleman telah mencakup aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik dalam pembelajaran. Persentase pertimbangan guru dalam memberikan penilaian aspek psikomotorik menjadi paling tinggi yang dilakukan dalam proses penilaian pembelajaran sebanyak 36,95%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan Guru, Penilaian PJOK, Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Ranah Psikomotorik.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2019 07:59
Last Modified: 18 Apr 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63542

Actions (login required)

View Item View Item