KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PERENCANAAN KARIR ANAK USIA SMP DI DUSUN JAMBUREJO

Andika Karisma Putra, Andika (2018) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PERENCANAAN KARIR ANAK USIA SMP DI DUSUN JAMBUREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Andika Karisma Putra_14104241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bentuk, faktor pendukung, dan faktor penghambat keterlibatan orang tua dalam perencanaan karir anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu orang tua R, D, dan S. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: Bentuk keterlibatan orang tua adalah memberikan saran memilih sekolah, memberikan masukan tentang sikap anak, menyekolahkan anak, memberikan waktu longgar, menginformasikan pilihan sekolah, memberi arahan, memahami aspek karir, berdiskusi, mengetahui bakat dan minat, mengecek rapot, mengetahui kebutuhan anak, memiliki harapan karir, mendukung pilihan karir, mengenalkan pekerjaan orang tua, memberikan pengasuhan yang baik, mendorong membuat keputusan karir. Faktor pendukung adalah kesadaran terhadap peran dan tanggung jawab, keyakinan melakukan yang terbaik, permintaan anak, ketersediaan waktu, tenaga, keterampilan, dan pengetahuan orang tua. Faktor penghambat adalah kurangnya komunikasi dengan guru, kesibukan, pendidikan yang rendah, perbedaan pandangan dengan sekolah, dan tidak ada program dari sekolah. Kata kunci : keterlibatan orang tua, perencanaan karir, anak usia SMP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:32
Last Modified: 18 Apr 2019 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63536

Actions (login required)

View Item View Item