PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 5 WATES

Sultania, Diyah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 5 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Diyah Sultania.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman belajar IPS di kelas V SD Negeri 5 Wates. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group desain. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 5 Wates sebagai kelas eksperimen (26 siswa) dan kelas V SDN Beji sebagai kelas kontrol (26 siswa). Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, diskusi kelompok, dan tanya jawab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk guru, soal tes, dan dokumen hasil belajar. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu dengan uji mean hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol, serta dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 75,33 berada pada kategori hasil belajar cukup, lebih tinggi satu tingkat dari rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yaitu 60,12 yang berada pada kategori hasil belajar kurang. Didukung dari hasil uji N-Gain kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu sebesar 0,56>0,29. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dimaknai bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan pemahaman hasil belajar materi bahasan IPS yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman belajar IPS tentang peristiwa seputar kemerdekaan Indonesia kelas V semester II SD Negeri 5 Wates. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, pemahaman belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2019 05:54
Last Modified: 18 Apr 2019 05:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63533

Actions (login required)

View Item View Item