PENGARUH TEKNIK RELAKSASI DEEP BREATHING TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS XI SMAN 1 JETIS BANTUL

Inta Abid Failasuf Syatoto, Inta (2018) PENGARUH TEKNIK RELAKSASI DEEP BREATHING TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS XI SMAN 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Inta Abid Failasuf Syatoto_14104244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji teknik relaksasi deep breathing berpengaruh terhadap penurunan kecemasan akademik siswa kelas XI SMAN 1 Jetis Bantul. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain time series. Desain ini tidak menggunakan kelompok kontrol sehingga penelitian membandingkan keadaan ketika diberi pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini adalah beberapa peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Bantul terdiri dari 8 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Skala Kecemasan Akademik. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi expert judgment dengan hasil uji coba diperoleh koefisien Skala Kecemasan Akademik sebesar 0,4227 sedangkan uji skala reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien Skala Kecemasan Akademik sebesar 0,872. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan akademik yang dialami oleh peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Bantul mengalami penurunan setelah diberikan perlakuan teknik relaksasi deep breathing. Hasil ini ditunjukkan dengan analisis data deskriptif, siswa mengalami penurunan skor kecemasan akademik dari 1 sampai 17 poin setelah pemberian treatment. Skor rata-rata sebelum dan sesudah pemberian treatment 65,38 menjadi 58,75 yang dapat dikatakan bahwa teknik relaksasi deep breathing dapat berpengaruh dalam penurunan kecemasan akademik siswa kelas XI SMAN 1 Jetis Bantul. Kata kunci: kecemasan akademik, deep breahting, teknik relaksasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:22
Last Modified: 18 Apr 2019 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63528

Actions (login required)

View Item View Item