PENGEMBANGAN E-MODULE MENGGUNAKAN LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Arifah, Nurul and Wiyatmo, Yusman (2019) PENGEMBANGAN E-MODULE MENGGUNAKAN LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan E-Module menggunakan LCDS yang layak untuk pembelajaran fisika guna meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan materi fisika peserta didik SMA: (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik SMA setelah mengikuti pembelajaran dengan E-Module menggunakan LCDS; dan (3) mengetahui peningkatkan penguasaan materi fisika peserta didik SMA setelah mengikuti pembelajaran dengan E-Module menggunakan LCDS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Tahap define merupakan tahap awal dari model 4D untuk menganalisis permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk merancang media E-Module menggunakan LCDS dan instrumen penelitian. Tahap develop dihasilkan media E-Module menggunakan LCDS sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan materi peserta didik. Kelayakan media E-Module menggunakan LCDS dilihat dari skor validasi menggunakan analisis Sbi. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada 15 peserta didik kelas X MIPA 4 SMA N 1 Banguntapan dan uji coba lapangan pada 29 peserta didik kelas X MIPA 3 SMA N 1 Banguntapan. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dilihat dari nilai standard gain motivasi belajar peserta didik, sedangkan peningkatan penguasaan materi fisika peserta didik dilihat dari nilai standard gain penguasaan materi fisika peserta didik. Tahap disseminate merupakan tahap penyebarluasan media E-Module menggunakan LCDS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media E-Module menggunakan Learning Content Development System (LCDS) layak digunakan untuk pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan materi fisika peserta didik; 2) peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan E-Module menggunakan LCDS sebesar 0,05 dengan kategori rendah; 3) peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan E-Module menggunakan LCDS sebesar 0,49 dengan kategori sedang. E-Module menggunakan LCDS yang dikembangkan lebih baik dapat diakses secara online dan dapat dibuka melalui smartphone, sehingga penggunaan E-Module akan lebih mudah dan praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Module, Learning Content Development System (LCDS), motivasi belajar, penguasaan materi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Apr 2019 00:59
Last Modified: 24 Apr 2019 00:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63522

Actions (login required)

View Item View Item