PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK

Yunita, Yunita and Wiyatmo, Yusman (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
1. SKRIPSI FULL (JUDUL-LAMPIRAN).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan LKPD berbasis SEA yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi fluida statik (2) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi fluida statik dengan menggunakan LKPD berbasis SEA, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar psikomotor peserta didik pada materi fluida statik dengan menggunakan LKPD berbasis SEA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Reseach and Development (R&D) oleh Borg & Gall. Tahapan R&D dalam penelitian ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, serta produksi masal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 1 Depok, dengan subjek uji coba produk pada kelas X MIPA 1 dan uji coba pemakaian pada kelas XI MIPA 1. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar penilaian produk (validasi), angket respon peserta didik, lembar soal pretest dan posttest, lembar observasi unjuk kerja, serta lembar observasi keterlaksanaan RPP. Teknik analisis data yang dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk LKPD berbasis SEA adalah analisis kuantitatif menggunakan Simpangan Baku Ideal (SBI) pada skor penilaian validator dan analisis kualitatif pada saran/komentar validator. Sedangkan, teknik analisis data yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotor peserta didik adalah analisis standard gain pada hasil pretest – posttest dan observasi unjuk kerja peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis SEA yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi fluida statik ditinjau dari nilai kelayakan LKPD berbasis SEA dengan nilai SBI sebesar 3,93 termasuk dalam kategori sangat baik, (2) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai Standard Gain sebesar 0,84 dengan kategori tinggi, dan (3) peningkatan hasil belajar psikomotor peserta didik dengan nilai Standard Gain sebesar 0,39 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fluida statik, starter experiment approach, kognitif, psikomotor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Apr 2019 00:58
Last Modified: 24 Apr 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63519

Actions (login required)

View Item View Item