PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK PENGENALAN KARIR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH DI SD MUHAMMADIYAH WONOKROMO II

Nenden Tia Pramtiana, Pramtiana (2018) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK PENGENALAN KARIR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH DI SD MUHAMMADIYAH WONOKROMO II. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
NENDEN TIA PRAMTIANA_14104241010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media bimbingan karir berupa boneka jari untuk pengenalan karir siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Model penelitian yang digunakan yaitu pendekatan model Research and Development Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas rendah yaitu kelas I, II, III SD Muhammadiyah Wonokromo II. Desain uji coba produk menggunakan validasi ahli dan uji coba produk. Validasi ahli menggunakan ahli materi dan ahli media. Uji coba produk terdiri dari uji coba awal dengan 3 siswa, uji coba lapangan utama dengan 15 siswa, dan uji coba lapangan operasional dengan 30 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan berasal dari angket. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan teknik deskriptif dan data kualitatif. Pada validasi ahli materi mendapat skor rerata 3,68 dengan konversi baik dan layak digunakan. Pada validasi ahli materi tahap kedua mendapat skor 4.76 dengan konversi sangat baik dan layak digunakan. Uji coba produk mendapat skor 100% dengan konversi sangat baik dan layak digunakan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa Media Bimbingan karir tentang pengenalan karir dengan kategori sangat baik. Hal tersebut berarti media layak dan dapat dipertanggungjawabkan. Kata kunci: Pengembangan Media, Boneka Jari, Pengenalan Karir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:03
Last Modified: 16 Apr 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63516

Actions (login required)

View Item View Item