MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BOLA BASKET SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA

Aziz, Mukhamad Nur (2019) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BOLA BASKET SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI_MukhamadNur Aziz_14601241112.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen olahraga bola basket di SMP Negeri 1 Bawang mulai dari perencanaan, pengorganisasian, staf, pengarahan, dan evaluasi yang digunakan untuk mengatasi hambatan di dalam ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan tempat penelitian di SMP Negeri 1 Bawang Kabupaten Banjarnegara. Subjek penelitian adalah Wakil Kepala Sekolah, Bidang Kesiswaan, 2 orang guru PJOK, dan 2 orang peserta ekstrakurikuler. Pengumpulan data menggunakan triangulasi data (wawancara, observasi dan studi dokumen). Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif menurut Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut: (1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler belum berjalan dengan baik. (2) Pengorganisasian berdasarkan struktur organisasi disertai pembagian tugas masing-masing pengurus. Pengurus hanya terdiri dari pengurus inti saja yaitu: penanggung jawab umum, koordinator, dan penanggung jawab ekstrakurikuler. (3) penunjukan staf dan pengurus dilakukan oleh Kepala Sekolah sesuai bidang dan tugasnya masing-masing perekrutan pelatih tidak dilakukan karena adanya keterbatasan anggaran biaya. Pelatih ekstrakurikuler adalah guru PJOK. (4) pengarahan dilakukan oleh kepala sekolah pada saat rapat setelah upacara hari senin. Pengarahan yang dilakukan berupa pengarahan event yang akan di ikuti dan anggaran dana yang dibutuhkan. (5) evaluasi dilakukan secara tidak formal. Evaluasi dilakukan oleh semua pihak, baik kepala sekolah, guru, maupun pengurus ekstrakurikuler sendiri. Hambatan terbesar yang dialami oleh ekstrakurikuler basket SMP N 1 Bawang meliputi: minimnya dana, sarana dan prasarana yang dimiliki. Sejauh ini solusi untuk mengatasi hambatan ini tersebut adalah dengan mencari dana dari sumber lain atau mencari sponsor untuk mendukung kemajuan ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Ekstrakurikuler Bola Basket, SMP
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:44
Last Modified: 16 Apr 2019 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63510

Actions (login required)

View Item View Item