FAKTOR HAMBATAN PESERTA DIDIK KELAS ATAS DALAM PEMBELAJARAN SENAM ARTISTIK (MERODA) DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Fayogi, Nisa ‘Urizka (2019) FAKTOR HAMBATAN PESERTA DIDIK KELAS ATAS DALAM PEMBELAJARAN SENAM ARTISTIK (MERODA) DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NISA PGSD 2015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi hambatan peserta didik kelas atas dalam pembelajaran senam artistik (meroda) di SD Negeri Golo Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SD Negeri Golo Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu hasil wawancara dengan guru PJOK dan dokumentasi saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor hambatan peserta didik kelas atas dalam pembelajaran senam artistik (meroda) di SD Negeri Golo Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal. (1) Faktor internal: berat badan yang berlebih/gemuk, tidak nyaman setelah mengikuti pembelajaran senam lantai, lebih tertarik dengan olahraga yang ada unsur permainan, takut cedera. (2) Faktor Eksternal: peserta didik kurang memperhatikan guru pada saat pembelajaran, kurang menyukai materi pembelajaran senam lantai, sarana dan prasarana pembelajaran senam lantai masih kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan peserta didik kelas atas, pembelajaran senam meroda, SD Negeri Golo Yogyakarta
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:15
Last Modified: 15 Apr 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63499

Actions (login required)

View Item View Item