PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DI SD N SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA

Hidayah, Rahmayati Nur (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DI SD N SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rahmayati Nur Hidayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam pembelajaran di SD N Surokarsan 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD N Surokarsan 2 Yogyakarta yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah nilai yang sering muncul pada keterampilan sosial siswa minimal 3 (kriteria baik/ B). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial siswa setelah menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) yaitu peningkatan pada nilai yang sering muncul dalam hasil observasi keterampilan sosial aspek teacher preferred social behavior dan aspek school adjustment behavior. Nilai yang sering muncul pada pra-tindakan yaitu 2 atau kriteria cukup (C), kemudian pada akhir siklus I nilai yang sering muncul meningkat menjadi 3 atau kriteria baik (B), dan pada akhir siklus II nilai yang sering muncul menjadi 4 atau kriteria sangat baik (A). Kata Kunci : keterampilan sosial, Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:07
Last Modified: 15 Apr 2019 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63497

Actions (login required)

View Item View Item