PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

Zulaikha, Dewi Fairuz and Wiyatmo, Yusman (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JADI SATU.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbasis POE yang layak untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA; (2) mengetahui besar peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE; dan (3) mengetahui besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan desain 4D Models yang terdiri dari empat tahap, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 4 Bantul. LKPD yang dikembangkan diujicobakan kepada 15 peserta didik kelas X MIPA 2 untuk uji coba terbatas dan 26 peserta didik kelas X MIPA 1 untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada dosen ahli dan guru fisika untuk menilai kelayakan produk serta angket respon peserta didik. Kelayakan produk LKPD berbasis POE dilihat dari skor validasi menggunakan analisis Sbi. Pemberian soal pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis. Observasi aktivitas belajar sebelum menggunakan LKPD berbasis POE dan saat menggunakan LKPD berbasis POE dilakukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik dianalisis menggunakan standard gain (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis POE dengan kategori sangat baik dan layak digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA; (2) peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,726 dengan kategori tinggi; dan (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis POE ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,445 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Predict-Observe-Explain, aktivitas belajar, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Apr 2019 00:55
Last Modified: 24 Apr 2019 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63462

Actions (login required)

View Item View Item