PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE DISCOVERY-INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR B SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN

Romadoni, Putra Timur (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE DISCOVERY-INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR B SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover s.d daftar lampiran.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi sistem bahan bakar kelas XI TKR SMK Muhammadiyah 4 Klaten melalui penerapan metode pembelajaran Discovery-Inquiry. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini sebesar lebih dari 75% keaktifan positif, kurang dari 20% keaktifan negatif dan peserta didik mencapai KKM sebesar 75%. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR B SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Discovery-inquirydapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi memahami sistem bahan bakar bensin. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) adanya peningkatan ketuntasan belajar peserta didik. Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 69%, siklus II sebesar 78%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Discovery-Inquiry, Hasil Belajar.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Apr 2019 08:07
Last Modified: 09 Apr 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63455

Actions (login required)

View Item View Item