PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI TEGALPANGGUNG

Cahyani, Nurma (2019) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI TEGALPANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nurma Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas IVB SD Negeri Tegalpanggung dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IVB SD Negeri Tegalpanggung yang berjumlah 21 siswa, dengan 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melaui model pembelajaran TGT di kelas IV SD Negeri Tegalpanggung khususnya pada pembelajaran IPS materi keragaman suku dan budaya di Indonesia. Pada pra siklus jumlah siswa dengan klasifikasi motivasi belajar skor tinggi hanya 47%. Lalu pada siklus I motivasi belajar siswa kelas IVB yang mencapai kriteria keberhasilan meningkat menjadi 68%, sedangkan hasil akhir siklus II motivasi belajar siswa kelas yang mencapai kriteria keberhasilan telah mencapai 94%, sehingga pada siklus II motivasi kelas sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebanyak ≥75% jumlah siswa yang hadir mencapai skor skala dengan klasifikasi tinggi. Kata kunci: motivasi belajar IPS, TGT (Teams Games Tournament)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:52
Last Modified: 09 Apr 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63454

Actions (login required)

View Item View Item