MOTIVASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG DI SD NEGERI KALIGONDANG KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL

Yanto, Tri (2021) MOTIVASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG DI SD NEGERI KALIGONDANG KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_tri yanto_17604224065.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyebab kurang motivasinya peserta didik kelas V dalam mengikuti pembelajaran senam di SD Kaligondang, Bambanglipuro, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survei melaluli wawancara mendalam. Populasi dalam penelitian ini adalah pesserta kelas V SD Kaligondang, Bambanglipuro, Bantul sebanyak 14 peserta didik yang kurang motivasinya dalam mengikuti pembelajaran senam materi guling belakang, sampel diambil secara purposive random sampling yaitu peserta didikkelas V SD Kaligondang yang nilainya dibawah KKM sebanyak 10 peserta didik. Hasil Penelitian diperoleh bahwa penyebab kurang motivasinya peserta didik kelas V di SD Kaligondang ini berdasarkan faktor intrinsik yaitu peserta didik tidak menyukai materi guling belakang, beberapa anak yang obesitas tidak yakin untuk melakukan guling belakang dan adanya perasaan takut sehinggan mempengaruhi perhatian peserta didik yang berdampak tidak mau melakukan guling belakang. ketakutan itu berhubungan dengan faktor ektrinsik yaitu ejekan dari temannya meski ada beberapa teman dan pak guru serta di lingkungan keluarga mendukungnya. Hasil tersebut dapat simpulkan faktor intrisik lebih dominan menjadi penyebab kurang motivasinya peserta didik terhadapa materi guling belakang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra. Farida Mulyaningsih, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: senam lantai
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Mar 2021 09:25
Last Modified: 03 Mar 2021 09:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63445

Actions (login required)

View Item View Item