PEMANFAATAN APLIKASI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR PJOK KELAS XII DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Ambarwati, Bunga Yustika Elma (2019) PEMANFAATAN APLIKASI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR PJOK KELAS XII DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI Bunga Yustika Elma Ambarwati .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Aplikasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) berbasis Android Sebagai Sumber Belajar PJOK Kelas XII di SMK Negeri 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif oleh guru pendamping bersama dengan peneliti. Penelitian ini menggunakan 2 siklus serta instrumen yang digunakan yaitu, wawancara dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran bersumber pada buku sekolah elektronik dapat meningkatkan proses belajar di kelas XII KCK SMK Negeri 3 Klaten. Hasil penelitian siklus I diperoleh rata-rata nilai akhir (pengetahuan) 64,7% dengan predikat kurang (K) Serta hasil dari observasi tingkat keaktifan siswa memperoleh skor total 9 dengan predikat baik (B). Siklus II tingkat keaktifan siswa di lapangan diperoleh skor total 10 dengan predikat keaktifan siswa terhadap pembelajaran sangat baik (SB) sedangkan nilai rata-rata kelas 82,2% dengan predikat baik (B) serta perolehan nilai siswa secara klasikal menunjukkan bahwa lebih dari 80 % nilai siswa sudah melebihi 75 (KKM).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BSE, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:30
Last Modified: 04 Apr 2019 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63444

Actions (login required)

View Item View Item