PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PRESTASI OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH SEPAKBOLA DI 15 SEKOLAH SEPAKBOLA DI KABUPATEN SLEMAN

Pakpahan, Ruben Alexander (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PRESTASI OLAHRAGA PADA SISWA SEKOLAH SEPAKBOLA DI 15 SEKOLAH SEPAKBOLA DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ruben alexander pakpahan_17602241019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran orang tua dalam mendukung prestasi olahraga pada siswa sekolah sepakbola di 15 sekolah sepakbola di Kabupaten Sleman dan mengetahui pandangan pelatih terhadap dukungan yang diberikan oleh orang tua kepada anak dalam peningkatan prestasi. Metode yang digunakan adalah mix methods dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Sampel pertama adalah seluruh orang tua/wali dari anggota SSB di Kabupaten Sleman yang berjumlah 290 orang. Sampel kedua adalah seluruh pelatih SSB di Kabupaten Sleman yang berjumlah 15 orang. Semua data diambil menggunakan tektik simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar peran orang tua dalam mendukung prestasi olahraga pada siswa sekolah sepakbola di 15 sekolah sepakbola di Kabupaten Sleman berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 3,45% (10 orang), “kurang” sebesar 33,10% (96 orang), “cukup” sebesar 29,66% (86 orang), “baik” sebesar 26,55% (77 orang), “sangat baik” 7,24% (21 orang). Berdasarkan nilai rata-rata, besar peran orang tua dalam mendukung prestasi olahraga pada siswa sekolah sepakbola di 15 sekolah sepakbola di Kabupaten Sleman dalam kategori “kurang”. Hasil penelitian ini dari pandangan pelatih menunjukkan bahwa dukungan yang diberikan oleh orang tua kepada anak sangatlah penting dalam meningkatkan prestasi karena orang tua merupakan orang terdekat dari sejak lahir.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Endang Rini Sukamti, M.S.
Uncontrolled Keywords: sepakbola
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:19
Last Modified: 24 Feb 2021 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63442

Actions (login required)

View Item View Item