PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN DAN LATIHAN KECEPATAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDRIBBLING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SD MUHAMMADIYAH 1 KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA

Alfan, Fajar (2021) PENGARUH LATIHAN KELINCAHAN DAN LATIHAN KECEPATAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDRIBBLING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SD MUHAMMADIYAH 1 KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fajar alfan_13602244014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan kelincahan dan latihan kecepatan terhadap peningkatan kemampuan mendribbling bola pada siswa ekstrakurikuler futsal di Sd Muhammadiyah 1 kleco kotagede Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah menggunakan penelitian eksperimen, dengan menggunakan “Two Group Pre-test-Post-test Design”. Subjek penelitian adalah Siswa Peserta Ekstrakurikuler futsal di Sd Muhammadiyah 1 Kleco Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 24 anak. Instrumen menggunakan tes Dribbling dari Bobby Charlton (Danny Mielke, 2007: 26). Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test). Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan dari latihan kelincahan terhadap peningkatan kemampuan mendribbling bola pada siswa ekstrakurikuler futsal sd muhammadiyah 1 kleco kotagede Yogyakarta, dengan t hitung (8,323) t tabel < (2,201), dan nilai p 0,000 < dari 0,05. Ada pengaruh yang signifikan dari latihan kecepatan terhadap peningkatan kemampuan mendribbling bola pada siswa ekstrakurikuler futsal sd muhammadiyah 1 kleco kotagede Yogyakarta, dengan t hitung (5,845) t tabel > (2,201), dan nilai p 0,000 < dari 0,05. Ada perbedaan yang signifikan dari latihan kelincahan dan latihan kecepatan terhadap peningkatan kemampuan mendribbling bola siswa peserta ekstrakurikuler futsal di Sd Muhammadiyan 1 Kleco Kotagede Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Subagyo Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: futsal
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Feb 2021 06:32
Last Modified: 19 Feb 2021 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63434

Actions (login required)

View Item View Item